Mengapa Ibadah Kurban Sangat Dianjurkan?

Hari Raya Idul Adha diperingati setiap tahunnya oleh umat Islam dengan menyelenggarakan sebuah ritual keagamaan yaitu kurban. Tradisi yang bernilai ibadah ini dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan kurban kemudian membagikan dagingnya kepada orang-orang yang berada di lingkungan sekitar. Beberapa hewan ternak untuk kurban seperti sapi atau kambing yang kini dapat dengan mudah didapat melalui situs jual beli kambing online pun banyak dicari saat menjelang hari raya itu tiba. Dan menurut pendapat banyak ulama, ibadah ini sangatlah dianjurkan. Mengapa demikian?

Ada beberapa makna yang terkandung dalam pelaksanaan ibadah kurban tersebut. Yang paling utama adalah pada dasarnya sebagai bentuk ibadah, kurban yang diambil dari bahasa Arab “qoroba” ini memiliki arti ‘dekat’ atau ‘mendekatkan’. Hal ini mengandung makna bahwa ibadah kurban mempunyai maksud untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Oleh karena itulah, tidak sembarang hewan boleh dijadikan kurban. Ada beberapa syarat sah hewan kurban sesuai syariat, seperti hewan ternak berkaki empat, harus sudah cukup umur, dalam kondisi sehat, tidak cacat serta diperoleh dengan cara yang halal. Syarat-syarat tersebut menjadi patokan bagi para penyelenggara situs jual beli kambing online sehingga menghapus keraguan untuk menggunakan jasanya meski tanpa melihat fisik hewan tersebut secara langsung.

Selain mendekatkan diri pada Sang Pencipta, ibadah kurban juga memiliki makna sosial yaitu sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri pada sesama manusia, terutama masyarakat di lingkungan sekitar. Sebab, dengan membagikan daging kurban pada saat hari raya sama artinya dengan berbagi kebahagiaan kepada sesama. Pada saat itulah semua orang dapat menikmati lezatnya daging kurban meski mereka tidak melaksanakannya. Alasan inilah yang mendasari, mengapa para ulama berpendapat bahwa ibadah kurban sangat dianjurkan bagi mereka yang mampu. 

Kini, mendapatkan hewan kurban sangatlah mudah karena sudah banyak tempat jual beli kambing online yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Namun, agar ibadah kurban berjalan dengan baik, perlu memilih situs terbaik dan terpercaya. Untuk itu, Akadbaiq adalah sebuah rekomendasi terbaik untuk mewujudkan ibadah kurban sebagai bentuk niat baik And

Comments

Popular posts from this blog

Cari Rumah di Perumahan Kota Deltamas Cikarang

Pengertian B2B Procurement Software Indonesia dan Prinsipnya

Pengertian dan Proses Cutting Sticker Mobil