Konstruksi Engine Mounting


Mesin suatu kendaraan terutama mesin mobil akan menghasilkan getaran yang besar saat dihidupkan terlebih saat mobil mulai berjalan. Getaran yang besar tersebut perlu diredam agar penumpang serta pengemudi mobil yang ada di dalam kabin tidak terlalu merasakan efek getaran tersebut. Untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh mesin mobil, dibuatlah sebuah komponen yang disebut dengan engine mounting yang juga berfungsi sebagai penopang mesin.

Dudukan Mesin  dan Fungsinya

Mesin pada suatu kendaraan termasuk mobil berfungsi sebagai pengolah tenaga agar setiap sistem yang ada pada mobil dapat berfungsi dan mobil dapat digerakkan. Untuk menghasilkan tenaga penggerak yang akan menggerakkan mobil, bahan bakar akan dicampur dengan udara dan diledakkan di dalam ruang bakar. Ledakan tersebut kemudian akan memutar kruk as yang berupa bandul sehingga menghasilkan getaran. Getaran tersebut dapat menyusup ke rangka kendaraan dan membuat kenyamanan berkendara di ruang kabin berkurang. Agar getaran tersebut dapat dikurangi dan tidak mengganggu kenyamanan pengendara serta penumpang di ruang kabin, dibutuhkan komponen peredam getaran yaitu engine mounting. Peredam getaran mesin konvensional biasanya memiliki konstruksi yang berupa pelat baja dengan salah satu sisinya menjadi pengait dengan chasis. Sisi lainnya berbentuk tabung dan memiliki karet berlubang di bagian tengahnya yang berkaitan dengan mesin. Peredam getaran pada mesin mobil juga berperan penting sebagai pemegang mesin yang menghasilkan getaran tinggi. Komponen peredam getaran mesin yang satu ini dapat diibaratkan sebagai bantal yang digunakan demi memberikan kenyamanan berkendara kepada penumpang mobil sehingga tidak merasa terganggu dengan getaran yang dihasilkan oleh mesin mobil.

Baca juga : Gejala Engine Mounting Sudah Rusak

Sebagai komponen yang berperan sebagai peredam getaran pada mesin mobil sekaligus menahan agar mesin mobil tidak terlalu banyak bergerak, engine mounting memiliki umur yang terbatas. Terlebih karena komponen peredam getaran yang satu ini terbuat dari bahan karet yang akan mengalami getas. Artinya, komponen peredam getaran tersebut harus cepat diganti begitu mengalami kerusakan. Komponen tersebut dapat diganti di tempat servis resmi Daihatsu.

Comments

Popular posts from this blog

Cari Rumah di Perumahan Kota Deltamas Cikarang

Pengertian B2B Procurement Software Indonesia dan Prinsipnya

Pengertian dan Proses Cutting Sticker Mobil