Mengapa Kita Harus Berdoa Saat Naik Kendaraan?



Manusia tentu memiliki mobilitas yang mengharuskan ke tempat satu ke tempat yang lain. Jika jaraknya dekat, manusia bisa berjalan saja. Namun jika sudah berkilo-kilo jauhnya, tentu untuk mempersingkat waktu manusia harus naik kendaraan. Sebagai umat Islam, sebelum naik kendaraan, kita diharuskan berdoa. Berikut adalah doa naik kendaraan darat.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ
Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.
Artinya :
"Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. "

Baca juga : 12 Adab Bepergian Dalam Islam, Termasuk Membaca Doa Naik Kendaraan Darat

Sedangkan jika akan naik kendaraan laut, kita dapat mengucapkan doa naik kendaraan berikut.
بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ
                Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim
Artinya :
"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"
Lalu mengapa kita harus membaca doa naik kendaraan?
  1. Menambah Rasa Syukur
    Dengan membaca doa naik kendaraan, kita akan merasa bersyukur. Mengapa demikian? Karena tahu betapa Allah menciptakan manusia dengan akal yang sempurna. Manusia bisa membuat kendaraan canggih melalui akal pemberian Allah. Tentu saja nikmat dapat mengendarai kendaraan juga harus diperhitungkan.
  2. Menambah Ketentraman Hati
    Saat sedang berada di kapal atau kendaraan lainnya, kita akan gelisah jika terjadi apa-apa. Untuk mengatasi hal tersebut, alangkah baiknya jika kita berdoa memohon perlindungan Allah dari hal buruk yang kemungkinan bisa saja terjadi.
  3. Mendekatkan Diri Kepada Allah
    Doa adalah sarana yang mendekatkan manusia dengan sang penciptanya. Jangan sampai kita sombong dan jumawa. Tanpa Allah, manusia hanyalah butiran yang kecil. Dengan berdoa, apapun aktivitasnya akan terasa ringan dan menenangkan. Termasuk saat akan naik kendaraan baik kendaraan darat, udara, dan laut.
Itulah beberapa manfaat berdoa sebelum berangkat mengendarai kendaraan. Semoga kita semua selalu mendapatkan hidayah Allah agar terus bisa mendapatkan pahala dan keberkahan dalam menjalani kehidupan yang fana.


Comments

Popular posts from this blog

Cari Rumah di Perumahan Kota Deltamas Cikarang

Pengertian B2B Procurement Software Indonesia dan Prinsipnya

Pengertian dan Proses Cutting Sticker Mobil