Imunisasi Dasar Lengkap, Mencegah Kecacatan dan Menambah Kekebalan



Imunisasidasar lengkap merupakan imunisasi yang wajib dilakukan secara rutin dan bertahap. Program ini diadakan untuk menciptakan daya tahan tubuh yang kuat sehingga mendapatkan kesehatan tubuh yang maksimal. Penyakit ini berpotensi menimbulkan kecacatan pada bayi bahkan kemungkinan berujung pada kematian.
Ada baiknya bunda sadar akan program imunisasi dasar lengkap sedini mungkin. Imunisasi dapat membuat bayi yang baru lahir kebal dengan lingkungan baru mereka. Hal ini dikarenakan bayi yang sudah lahir tidak lagi memiliki kekebalan tubuh alami yang sebelumnya didapatkan dari ibu ketika ia masih dalam kandungan.
Berikut 5 jenis vaksin yang wajib diberikan pada anak.
  1. Imunisasi Hepatitis B
    Vaksin ini merupakan vaksin yang diberikan pertama kali yang berfungsi untuk mencegah penyakit hepatitis B yang rentan terjadi pada bayi. Hepatitis B merupakan penyakit yang menimbulkan pengerasan pada hati  sehingga menyebabkan kegagalan fungsi hati dan bisa berujung kanker hati.
  2. Imunisasi BCG
    BCG atau Bacille Calmette Guerin merupakan vaksin yang
    berfungsi untuk mencegah bayi terkena infeksi bakteri Mycobacterium Tuberkulosis. Imunisasi dengan vaksin ini dapat mencegah penyakit tuberculosis atau TB, karena sekarang tidak lagi disingkat sebagai TBC.
  3. Imunisasi Polio
    Imunisasi ini terdiri dari 2 jenis yaitu polio tetes dan suntik. Vaksin polio tetes ini diberikan sebanyak 4 kali pada bayi berusia  1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Sedangkan polio suntik hanya diberikan sebanyak 1 kali yaitu pada saat bayi berumur 4 bulan. Imunisasi ini berfungsi untuk
    mencegah penyakit lumpuh layu.
  4. Imunisasi DPT
    Vaksin DPT atau Difteri, Pertusis dan Tetanus diberikan pada bayi untuk mencegah 6 jenis penyakit. Penyakit tersebut adalah Pneumonia atau radang paru, Hepatitis B, radang selaput otak
    atau meningitis, difteri, pertusis dan tetanus.
  5. Imunisasi Campak
    Vaksin imunisasi dasar lengkap yang terakhir yaitu vaksin campak.
    Imunisasi ini diberikan untuk mencegah penyakit campak pada anak yang disebabkan oleh virus. Selain itu vaksin campak ini juga berfungsi untuk mencegah penyakit rubella.
    Penyakit ini mungkin tampak ringan jika terjadi pada anak. Namun jika menular pada ibu hamil saat periode awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran. Selain itu juga memungkinkan bayi menderita penyakit cacat bawaan, katarak , tuli maupun penyakit jantung bawaaan.

Comments

Popular posts from this blog

Cari Rumah di Perumahan Kota Deltamas Cikarang

Pengertian B2B Procurement Software Indonesia dan Prinsipnya

Pengertian dan Proses Cutting Sticker Mobil